Home » , , » Workshop bangunan Tahan Gempa

Workshop bangunan Tahan Gempa

Mr. Shirakawa Kazushi (JICA)
Dalam Kesempatan Ini Jurusan Teknik Sipil Bekerjasama Dengan Japan Internasional Coorperation Agency (JICA) Mengadakan Seminar dan Whorshop Tentang Bangunan Tahan Gempa (Earthquake Resistant Building), Yang Menghadirkan Pemateri, Mr. Shirakawa Kazushi (JICA), Ir. Wedha Magma Ardi, MTP (Kepala BPBD), Dan Ir. Didi S. Agustawijaya, M.Eng, PHD (Dosen Jurusan Teknik Sipil UNRAM).

Workshop Berlangsung selama Dua Hari, 21-22 Mei 2014, Pada Hari pertama diadakan seminar dari jam 08.00 sampai 14.00 dilanjutkan dengan penyampaian materi dan pelatihan yang dilakukan oleh Mr. Shirakawa. Pada Hari kedua dilaksanakan Prakter Sederhana Pembuatan Rumah Aman Tahan Gempa bertempat di Laboratorium Struktur Fakultas Teknik UNRAM.

Sesuai Tema yakni Bangunan Tahan Gempa, Banyak Sekali dIpaparkan Tentang Pengaruh Gempa Terhadap Bangunan, Terfokus Pada Pelatihan Dijelaskan Tentang Spesifikasi Beton dan Kekuatan Bingkai beton bertulang sesuai persyratan pokok, bagaimana metode Desain Beton Bertulang Dijepang, dan dilatih tentang bagaimana proses campuran beton, campuran mortar, dan bagaimana merangkai tulangan dengan baik dengan benar.

Dalam Kesempatan Ini, Mr. Shirakawa Kazushi banyak menjelaskan tentang pembangunan konstruksi di Jepang dan Membandingkannya Dengan Indonesia. memang jika dibandingkan dari konstruksi jepang lebih maju dengan Indonesia, sehingga memang seharusnya jepang dijadikan refresensi untuk pembangunan di Indonesia.
Foto Bersama Pembicara dan Peserta

Pada Sambutan Dekan Fakultas Teknik Universitas Mataram, Pak Yusron Sa’adi diinformasikan juga bahwa Masih banyak Bangunan yang tidak memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan) khususnya di NTB, lebih jauh lagi dijelaskan bahwa pemerintah menjadikan IMB hanya untuk Retribusi, sehingga pada pelaksanaannya sekedar Formalitas Semata.

Peserta Pada Seminar dan Workshop Bangunan Tahan Gempa ini kurang lebih 100 orang yang berasal dari Mahasiswa S1 Dan S2 jurusan Teknik sipil se NTB, Praktisi, Konsultan dan Kontraktor serta Dosen Jurusan Teknik Sipil. sebagai panduan peserta pada seminar dibagikan Buku Saku Persyratan Pokok Rumah Lebih Aman, Serta DVDnya dan buku panduanlainnya. sehingga harapannya peserta pada pelatihan ini bisa menjadi kader-kader yang akan memeberikan pendidikan kepada masyarakat tentang bagaimana cara membangun rumah yang aman dan tentunya tahan gempa.



Silahkan di share ya?


0 komentar:

Kunjungi Untuk Subscribe Yuk..