Home » » PANDUAN UNTUK ANAK KOS

PANDUAN UNTUK ANAK KOS

Pengarang : Amanda Ratih Pratiwi

Penerbit : Easy Media, Kelompok Penerbit Leutika

Tahun Terbit : Agustus 2010

Tebal : 169 halaman

Harga : Rp. 32.000,00



Suatu Ruangan yang sederhana untuk kita tinggali dalam jangka waktu tertentu yang kita sewa di pemiliknya, nah itulah yang dimaksud dengan kamar kost. Memang tidak asing lagi dipendengaran kita tentang hal tersebut, apalagi kita yang menuntut ilmu baik pelajar maupun mahasiswa yang jauh dari lingkungan rumah atau orang tua, yah mau gak mau harus siap ”Ngekos” . Menjadi koser (Anak kost) memang sangat menyedihkan bagi anak yang tidak terbiasa jauh dari orangtua dan kehidupan yang baru terutama kaum wanita yang terbiasa dimanja oleh orang tua dan keluarganya, Namun beberapa Anak juga berpendapat  jadi koser itu menyenangkan, bisa belajar hidup mandiri, mengatur segalanya dengan sendiri, jauh dari pantauan orang tua dan bebas melakukan apapun dengan sesuka hati. Dua sisi ini meman g bertolak belakang dalam kehidupan koser, kesedihan karna jauh dari orangtua, namun bisa menjadi pembelajaran untuk hidup mandiri.

Buku “Ngekos yuk!!!” dihadirkan khusus bagi koser dan yang akan menjadi koser,  Dalam buku ini, banyak sekali tips-tips atau kiat menjalani hidup ala anak kos, dari persiapan, kebutuhan, sampai cara mengatasi persoalan yang biasanya dihadapi oleh koser itu sendiri. Salah satu kiat yang disajikan adalah mencari kos-an yang baik. Memang inilah pertama kali yang dibutuhkan oleh para koser sebab hal ini yang akan menentukan betah atau tidak nantinya. Kiat pertama ialah memilih lokasi yang tepat. Lokasi dapat dikatakan tepat jika lokasi yang tidak terlalu jauh dari lokasi kampus (tempat kita kuliah nantinya).keuntunga dari hal ini adalah bisa men ghemat uang transportasi, sehingga nantinya tidak perlu lagi memikirkan dana untuk transportasi . Berikutnya adalah membidik fasilitas dan sarana  yang ada di dalam kos-an tersebut. Yang paling utama ialah ukuran kamar yang luas.Kamar yang luas menentukan dalam hal penataan barang-barang serta perlengkapan.

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan lingkungan di sekitar kos-an itu. Kebersihan merupakan prioritas pertama. Sebab bagaimana mungkin kita bisa tinggal dengan nyaman sedangkan lingkungan sekitarnya jorok, selain kebersihan  kesejukan juga faktor yang sangat penting ini bisa kita lihat dari pepohonan disekitar lingkungan kost. Bukan sekedar itu tetangga kost juga mempengaruhi dalam pemilihan kost, sebisa mungkin mencari kos-an yang  dihuni oleh teman sejenis kita. Apalagi untuk seorang muslimah. Ini bisa memberikan dampak yang cukup berarti kelak nantinya jika sudah menghuni kost tersebut. Tidak hanya itu, Harga juga menjadi pertimbangan selanjutnya , khusus nya bagi anak  dari  keluaraga dari kalangan kelas menengah kebawah, mungkin Harga tidak menjadi masalah bagi anak yang orang tuanya Kaya. Tidak ketinggalan juga Pemilik kost juga mendapat sorotan, sebaiknya memilih pemilik kost yang seagama (Muslim).

Setelah mendapatkan kost yang tepat, deberikan tips lagi bagaimana cara mengisi kamar kost tersebut agar kita tidak jenuh dikamar, perlengkapan dan peralatan apa saja  yang dibutuhkan, serta cara menyimpan barang-barang yang berharga. Selain itu manajemen keuangan juga sangat penting untuk anak kost sehingga masalah-masalah keuangan dapat dikendalikan.  Masih banyak lagi tips-tips dalam buku ini yang sangat dibutuhkan oleh anak kost sehingga benar-benar siap menjalani kehidupan menjadi anak kost.
Memang sangat pantas buku ”Ngekos yuk!!!” ini menjadi panduan atau pedoman buat koser-koser karna buku ini sangat membantu. selain  kiat-kiat jitu dan tips-tips menjadi anak kost, penulisan bahasa yang  sangat cocok untuk kalangan remaja karena bahasanya yang terbilang sangat ringan dan meremaja. Apalagi untuk kita yang berniat menjdi seorang koser. Tak sempurna rasanya menjadi anak kost jika belum membaca buku ini, buku ini komplit membahas “all about kos”  terutama untuk kaum muslimah, tapi buat yang muslim in juga tidak ada salahnya untuk membaca buku ini.

Silahkan di share ya?


0 komentar:

Kunjungi Untuk Subscribe Yuk..