Home » , » Ayo , Buang Sampah Pada Tempatnya.

Ayo , Buang Sampah Pada Tempatnya.


            Pengertian Sampah menurut Wikipedia merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung

            Tanpa Kita Sadari Sampah yang kita buang setiap harinya Banyak Menimbulkan Masalah, selain berdampak bau busuk sampah juga erat kaitannya dengan banjir. apalagi ketika musim hujan, banjir  menjadi langganan setiap tahunnya. ini juga berimplikasi dengan kemacetan, menimbulkan banyak  penyakit terhadap masyarakat yang terkena banjir dan berkurangnya kekuatan jalan karna air merupakan musuh terbesar pada jalan.

            Beberapa Hari Yang Lalu Ketika Saya Melewati Jalan Pejanggik dan secara Kebetulan pada saat itu Hujan, Tumpukan sampah yang berada di jaringan drainase mengakibatkan aliran mejadi mampet, tentu hal tersebut mengakibatkan Banjir. kemacetanpun tidak dapat dihindari, untung saja kondisi tersebut cepat diatasi oleh warga disekitar lokasi tersebut.

            Konsep Pengeleloan Sampah yang biasanya disebut 3R, Yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle. Reuse (Guna ulang)  yaitu kegiatan penggunaan kembali samapah yang masih digunakan baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi lain. Reduce (Mengurangi) yaitu mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah. dan Recycle (Mendaur ulang) yaitu mengolah sampah menjadi produk baru. 3R Sendiri hanyalah sebuah slogan semata, karena dari kenyataannya banyak masyarakat yang belum mengetahui apalagi memahami konsep ini. entah penyebabnya kurangnya sosialisasi dari masyarakat atau sifat masyrakat yang apatis yang tidak mau peduli, Asal pakai, buang dan beres.

            Pada areal perkantoran dan kampus biasa disediakan bak sampah yang terdiri sampah organik, anorganik dan sampah mengandung racun. Sampah organik adalah sampah dapat diurai (degradable) Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos. sedangkan Sampah anorganik atau sampah tidak terurai (undegradable). Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk laiannya. Beberapa sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertas koran, HVS, maupun karton. sampah yang mengandung bahan beracun contohnya Baterai bekas,Jarum refill tinta printer ,dan lain-lain.

            Sudah seharusnya permasalahan sampah harus disikapi dengan serius, bukan hanya dengan sebuah poster atau sekedar himbaun semata tapi konsep serta aplikasinya dalam pengelolaan sampah. beberapa contoh konsep yang lagi ngetrend adalah “Bank Sampah” dan Pemanfaatan sampah menjadi pupuk serta didaur ulang menjadi bahan atau alat yang bisa dipakai lagi. 

            Dan sesungguhnya pendapat di atas mungkin akan terkendala teknis dan biaya. Permasalahan yang cukup urgent yang harus disikapi baik oleh pemerintah maupun masyarakan. mari dari diri sendiri dan keluarga kelolalah sampah dengan sebaik baiknya. sehingga “kebersihan merupakan sebagaian dari pada iman” bukan hanya sebuah kata yang indah terdengar namun makna yang terkandung didalamnya jadikan Inspirasi dan Aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, Ayo Buang Sampah Pada Tempatnya!!! 



Silahkan di share ya?


0 komentar:

Kunjungi Untuk Subscribe Yuk..