Home » » Komunitas PEDAS: Wadah UMKM dan Pengusaha Lokal

Komunitas PEDAS: Wadah UMKM dan Pengusaha Lokal



Sharing Pengalaman
Beberapa hari lalu saya mengikuti pelatihan capacity building yang diadakan oleh balai penyedia dan pengelola pembiayaan telekomunikasi dan informatika (BP3TI)  yang bekerja sama dengan Kampung media. kegiatan ini dihadiri oleh pengelola pusat layanan internet kecamatan sentra produktif (PLIK SP) Dan usaha kecil menengah (UKM) Kota mataram.
Pelatihan  berlangsung selama 3 hari  dari tanggal 26 sampai 28 November bertempat di warung puisi jalan udayana. pada hari pertama kami diberi materi tentang  dasar-dasar berwirausaha. selain itu diperkenalkan juga bisnis dengan metode kanvas yaitu metode perencanaan bisnis dengan menggunakan selembar kertas sehingga mudah untuk mempresentasikannya dan gampang untuk mengevaluasi bisnis jika suatau saat terjadi kendala.
Di hari kedua, materi berisi tentang pemanfaatan jaringan TIK untuk pemasaran bisnis. sehingga dapat memberi kemudahan dalam bertransaksi dan promosi produk.beberapa langkah atau strategi juga diberikan dalam mengembangkan bisnis. sehingga bisnis dapat mengalami peningkatan. pengetahuan  bisnis dasa secara tuntas dikupas dalam pelatihan ini, sehingga energi untuk berwirausaha semakin meningkat.
Pengesahan PEDAS

Pada hari terakhir, tidak diberikan materi namun lebih difokuskan dalam pembentukan komunitas yang nantinya komunitas dapat terus melanjutkan materi-materi yang didapatkan dalam pelatihan dan sebagai wadah untuk berbagi pengalaman tentang usaha dan ide kretif diantara komunitas. setelah mengalami beberapa tahapan terbentuklah sebuah komunitas dengan nama PEDAS (Perkumpulan  Entrepreuner Muda Sasak) yang  sebagai ketua terpilih adalah ahmad jumaili seorang pengusaha madu asli.

Dipuncak kegiatan dilakukan penandatanganan berita acara sekaligus pengesahan komunitas PEDAS Oleh ketua kampung media Fairuz Abadi. dalam pesannya sebelum menutup kegiatan Pak Fairuz berharap komunitas ini bisa menjadi wadah sebagai peningkatan ekonomi lokal. sehingga kedepannya anak muda lebih banyak berkreativi tas dan berinovasi dalam hal berwirusaha. 
Foto Bersama

Silahkan di share ya?


0 komentar:

Kunjungi Untuk Subscribe Yuk..