Home » , » Akses Sosial Media dalam Membangun Personal Branding

Akses Sosial Media dalam Membangun Personal Branding

Perkembangan era digital yang begitu segnifikan hari ini, tidak hanya menjangkau kalangan masyarakat diwilayah perkotaan namun tidak terkecuali dengan masyarakat diwilayah pelosok² pedesaan. Hampir kebanyakan orang yang memiliki handphone sudah terbiasa mengakses sosial media ,anak kecil seusia 2 tahun sekalipun lebih pinter mengoprasikan smartphone dibandingkan orang tua, apalagi kaum milenial dan generasi Z yang memang hidupnya lebih banyak berintraksi dengan sosial media, entah itu melaluifacebook,yaoutobe,tiktok,instagram,tuwitter dll, sudah menjadi santapan siang dan malam.

...... 

Hari ini, saya ikut menjadi salah satu peserta pelatihan menulis bebas ( free waiting ) dan kreatif yang diselenggarakan oleh IPNU dan IPPNU di pondok pesantren Nahdatussaofiyah wanasaba yang dipandu langsung oleh salah satu narasumber pakar free writing,bang YUSUF TANTOWI.Tentu saja saya sendiri tidak akan melewatkan moment yang menarik ini. Jujur saja, kegiatan ini membantu saya menemukan kembali  salah satu hobi saya dari sejak SMA  dulu memang senang menulis. Barangkali melalui pelatihan ini saya berkesempatan mengasah kembali skil menulis saya yang sudah lama pakum.

Free writing atau menulis bebas dengan memanfaatkan sosial media sebagai pasilitas yang mempercepat proses penghidangan karya tulis kepada konsumen atau pembaca, barang kali ada yang tertarik dengan cerita moment keseharian kita atau paling tidak dari karya tulis ,kita bisa menemukan temen² baru di sosial media.

Terlepas dari pro kontra sosial media dikalangan masyarakat atas pengaruh dampak positif atau negatifnya namun, perkembangan digital semakin hari semakin melaju cepat bahkan menjadi tututan zaman pada akhirnya menjadi kebutuhan setiap orang untuk mempermudah akses komunikasi disamping itu, untuk mempercepat tuntutan pekerjaan sehingga harus disadari, baik atau tidaknya dampak sosial media kendalinya ada pada diri kita. 


Pentingnya upaya memberikan edukasi kepada masyarakat terutama dikalangan generasi muda supaya menggunakan sosial media dengan cerdas dan bijak salah satunya mulai melatih diri menulis bebas ( free wtiting) ,saya rasa lebih mudah dan simple untuk menumpahkan isi fikiran atau sudut pandang kita terhadap penomena² yang terjadi yang pernah ditemui, atau membangun personal branding melalui skil membuat konten² kreator, desain grafis dll, bahkan memanfaatkan sosial media sebagai pasilitas promosi  jualan produc  jauh lebih cepat dibandingkan dengan duduk menunggu pembeli yang datang. Semua itu tentu dapat memberikan peluang besar untuk mendatangkan pundi-pundi penghasilan.

Saya fikir melalui pelatihan free writing akan menambah wawasan orang-orang setidaknya membantu mereka untuk memaksimalkan manfaat sosial media sebagai pasilitas  membangun personal branding disisi lain mempertajam nalar kritis terhadap berita² hoax dan konten² yang tidak bermanfaat.

* Penulis : Masri ( Ketua Karang Taruna Desa Aik Perapa) 

 #menulisbebaskreatif

#IPNUIPPNULombokTimur


Silahkan di share ya?


0 komentar:

Kunjungi Untuk Subscribe Yuk..